Info Lainnya

Thursday, July 17, 2008

Pemerintah Kota Tangerang Terbaik se-Indonesia

Kamis, 17 Juli 2008

www.banten.go.id - Pemkot Tangerang dibawah Kepemimpinan Walikokta H. Wahidin Halim tampak tak pernah sepi dari beragam Penghargaan Tingkat Nasional. Kali ini, penghargaan yang diterima adalah sebagai Pengelola Keuangan Terbaik Tahun Anggaran 2007 dari Presiden SBY.

Pemkot Tangerang adalah satu-satunya Pemerintah daerah diseluruh indonesia yang mendapatkan Penghargaan ini, atrinya pemerintah kota tangerang ini terpilih sebagai pengelola keuangan terbaik se-Indonesia," ungkap Wakil Walikota Tangerang, H. Deddy Syafei".


Pada kesempatan lain, Kasubag Multmedia pada bagian Informasi dan Komunikasi (Inkom) Kota Tangerang, Agus R Wahyudin menerangkan, penghargaan sebagai pengelola keuangan terbaik itu diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, dan untuk pemerintah kota Tangerang di terima oleh Wakil Walikota Tangerang H. Deddy Syafei di Ballroom Hotel Sultan, Jakarta.

Lebih lanjut Agus menjelaskan, dari 14 Kementrian atau lembaga Pemerintahan yang mendapat penghargaan dari Presiden RI tersebut, hanya satu Pemerintah Daerah yang mendapatkan penghargaan sebagai pengelola keuangan terbaik yakni Pemkot Tangerang. Adapun lembaga Pemerintah yang mendapatkan penghargaan tersebut yaitu: DPD, BPK, Kementrian BUMN, Lemhanas, Departemen Keuangan LAN, Mahkamah Konstitusi, KPK, Kementrian Perumahan Rakyat, Dewan Ketahanan Nasional dan Badan Intelejen Nasional (BIN)

Wakil Presiden RI, usai memberikan penghargaan, menyampaikan penghargaan yang setinggi-tinggnya kepada para menteri atau pimpinan lembaga pemerintah daerah, Pasalnya, penghargaan dibidang keuangan ini mencapai kualitas yang sangat tinggi "dari hasil pemeriksaan BPK menunjukan bahwa persentase terbesar dari opini audit atas laporan kuangan kementrian dan lembaga serta pemerintah daerah masih berada pada spectrum diluar wajar tanpa pengecualian. Sesungguhnya Opini atas Audit BPK merupakan sinyal bagi kita semua untuk terus berusaha membenahi berbagai hal dalam pertangungjawaban keuangan negara," ujarnya.

sementasa menteri keuangan Sri Mulyani, setelah acara tersebut itu mengatakan setelah empat tahun reformasi keuangan negara berjalan, ternyara bidang akuntansi dan pelaporan keuangan belum mendapat perhatian yang serius dan merata dikalangan pimpinan kementrian atau lembaga.

Oleh karena itu tidak heran jika transparansi dan akuntabilitas hanya sebatas atau slogan yang pemenuhannya berjalan dengan lambat. padahal keuda hal itu merupaka pilar utama bagi terwujudnya tata kelola keuangan negara yang baik.

Kendati demikian, Menkeu Sri Mulyani mengaku bangga terhadap Pemerintah Kota Tangerang.

" ini adalah prestasi yang dapat dibanggakan. Sebab satu-satunya Pemerintah Daerah se-Indonesia yang dapat mengelola Keuangan dengan baik yaitu Kota Tangerang. ini patut menjadi contoh bagi daerah lainnya di Indonesia".

No comments: