Info Lainnya

Thursday, June 19, 2008

Pindapatta di Tangerang 15 Juni 2008

Kata "Pindapatta" berasal dari bahasa Pali, yang artinya : Menerima persembahan makanan, sedangkan yang disebut "Patta" atau "Patra" adalah mangkok makanan yang digunakan oleh para Bhikkhu/ Bhikkhuni. Pindapatta merupakan tradisi Buddhis yang telah dilaksanakan sejak zaman kehidupan Sang Buddha Gotama/ Sakyamuni Buddha (bahkan sejak jaman para Buddha terdahulu) sampai saat ini, dan akan terus berlanjut hingga jaman Buddha-Buddha yang akan datang

Pindapatta dilaksanakan oleh para Bhikkhu/ Bhikkhuni dengan cara berjalan kaki dengan kepala tertunduk sambil membawa Patta/ Patra (mangkok makanan) untuk menerima/ memperoleh dana makanan dari umat guna menunjang kehidupannya. Bagi para Bhikkhu/ Bhikkhuni sendiri, pindapatta ini merupakan cara untuk melatih diri hidup sederhana/ prihatin, belajar menghargai pemberian orang lain, dan melatih "Sati" (perhatian/ kesadaran murni), serta merenungkan bahwa fungsi utama makanan adalah untuk memenuhi kebutuhan badan jasmani, bukan untuk kesenangan dan mencari kenikmatan.

Pada tanggal 15 Juni 2008 nanti, dalam rangka perayaan hari Tri Suci Waisak 2552BE / 2008, Jajaran Perkumpulan keagamaan dan Sosial Boen Tek Bio akan mengadakan acara Pindapatta dengan rute Boen Tek Bio Pasar lama Tanerang sampai Sekolah Buddhi Tangerang, rencananya Bhikkhu yang akan melakukan pindapatta berjumlah kurang lebih 30 orang .............. wah asyik nih bisa berdana dengan senang hati dan banyak lagi Bhikkhunya. Bagi rekan-rekan yang ingin berdana dapat bersiap-siap dilokasi sepanjang rute yang akan dilalui (Pasar lama > Pos > Karawaci > Sekolah Buddhi).

Menurut informasi, tradisi pindapatta ini dilaksanakan dalam rangka peringatan hari Tri Suci Waisak yang jatuh pada tanggal 20 Mei 2008 yang lalu, selepas dari pindapatta panitia akan mengadakan Sejuta pelita yang akan diadakan mulai jam 17.00 .................... wah asyik nih.

Bagi rekan-rekan yang mau berdana makanan kepada para Bhikkhu inilah waktu yang tepat untuk berbuat baik di hari yang suci ini.

No comments: